Selain Karya Seni, Berikut Benda yang Terbuat dari Anyaman Bambu

Selain Karya Seni, Berikut Benda yang Terbuat dari Anyaman Bambu

Bambu merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebuah karya seni. Manfaat bambu tidak hanya untuk kerajinan tangan saja, namun juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan atau anyaman yang bisa dibentuk menjadi benda bernilai fungsi. Hasil karya seni dari bambu ini bisa dibilang cukup unik sehingga banyak dijual belikan di pasaran. Tak heran jika sekarang banyak yang berminat mempelajari karya seni yang hampir sirna ini. 

Karya Seni dari Anyaman Bambu yang Unik

Sekarang ini seni anyam bambu kian berkembang. Pola dan bentuknya pun semakin menarik disertai dengan hiasan serta warna yang cukup bervariasi. Banyak warga yang tinggal di daerah perkotaan yang tertarik dengan kerajinan anyam bambu. Pasalnya, saat ini seni anyam bukan hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan dalam rumah tangga saja namun juga bernilai seni tinggi. 

Berikut beberapa karya seni dari anyaman bambu yang unik dan bernilai seni.

  1. Tampah

Bagi masyarakat pedesaan sudah tidak asing tentunya dengan yang namanya tampah. Benda dari anyaman bambu yang satu ini hampir digunakan setiap hari untuk membersihkan beras sebelum dimasak. Penggunaan tampah ini sangat bermanfaat karena dapat memisahkan beras dengan gabah sehingga beras yang dimasak menjadi bersih dan terasa enak. 

Ukuran diameter tampah dari bambu ini juga bisa dibuat beragam. Ada yang besar dan ada pula yang dibuat sedang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Bagi penduduk kota pun tentunya juga kerap membutuhkan seni anyaman ini untuk berbagai keperluan salah satunya untuk acara lomba agustusan maupun kepentingan yang lain.

  1. Kipas

Meskipun sekarang ini sudah zamannya kipas angin maupun AC namun kipas tradisional yang terbuat dari anyaman bambu tetap saja memiliki penggemar. Bambu ternyata juga bisa dianyam menjadi kipas tradisional yang cantik dan unik. Biasanya kipas ini dimanfaatkan oleh para pedagang sate. Mereka menggunakannya untuk mengipasi bara saat memanggang satenya. 

Meskipun harus menggoyang-goyangkan kipas secara manual namun cita rasa sate yang dihasilkan sungguh lezat dan khas. Selain itu, kipas ini juga bisa Anda jadikan sebagai alternatif saat listrik sedang padam dan Anda merasa sangat kepanasan.

  1. Bakul

Sebelum era magic jar, karya seni dari anyaman bambu yang satu ini dimanfaatkan untuk menyimpan nasi yang sudah matang. Sekarang ini mungkin sangat sedikit sekali yang menggunakan bakul sebagai tempat nasi. Mungkin Anda akan menjumpainya di beberapa warung makan yang mengusung tema tradisional. Percaya atau tidak, nasi yang diletakkan di bakul nampak sangat menggugah selera makan.

Selain digunakan sebagai wadah nasi, bakul juga digunakan sebagai salah satu property dalam tarian tradisional. Benar-benar multi fungsi bukan?

  1. Caping

Caping merupakan sebuah topi yang dibentuk kerucut. Karya seni dari anyaman bambu ini mungkin identik dengan caping atau topi yang digunakan petani. Biasanya caping ini memang digunakan para petani untuk bekerja di sawah agar terhindar dari terik matahari yang panas. Selain itu, caping juga bisa digunakan untuk menghalau hujan.

Dibaca juga : How to Win the Poker Tournament

Demikian beberapa karya seni dari anyaman bambu yang unik dan bernilai seni. Benda-benda di atas mungkin termasuk benda tradisional yang dipAndang sebelah mata. Namun dengan kreatifitas tinggi dari masyarakat sekarang ini benda dari anyaman bambu tersebut berubah menjadi karya seni yang bernilai jual tinggi. Selain bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, benda dari anyaman bambu juga bisa dipajang karena penampilannya yang unik dan menarik.