Negara yang Memiliki Hasil Emas Terbesar di Dunia

Negara yang Memiliki Hasil Emas Terbesar di Dunia

Di Tengah situasi pandemi corona yang tidak pasti, harga emas dunia terus menunjukkan peningkatan paling tinggi. Investor mulai tertarik untuk mengamankan aset dengan investasi jalur paling emas yaitu logam mulia. Jangan heran kalau harga emas terus naik hingga banyak kalangan memperkirakan harga akan terus mencapai puncak paling tinggi dalam sejarah. Dari sekian negara yang memiliki tambang emas, mana saja negara penghasil emas terbesar di dunia?

  1. China 

Sebagai negara yang menunjukkan perkembangan industri teknologi yang mendunia, China memiliki potensi sumber daya alam yang besar. Terbukti negara yang memiliki penduduk terbesar di dunia berhasil memproduksi emas hingga 10,12 juta troy ons. 1 troy ons sama dengan 31,1 gram emas, lho!

  1. Australia

Australia menduduki posisi kedua sebagai negara penghasil emas terbesar di dunia dengan besaran produksi mencapai angka 10,12 juta troy ons. Emas siap menjadi investasi paling aman di masa depan termasuk memiliki potensi penghasilan besar saat diubah menjadi perhiasan kaum Hawa. 

  1. Rusia 

Rusia mengancam kedudukan China dengan peningkatan produksi emas yang cukup besar. Total produksi emas Rusia pada awal tahun 2020 mencapai 9,56 juta troy ons.

  1. Amerika Serikat 

Amerika Serikat merupakan negara penghasil emas yang cukup besar di dunia dengan total produksi mencapai 7,13 juta troy ons. Daerah penghasil emas yang sangat dominan di USA antara lain Colorado, California, Nevada, Alaska, dan South Dakota.

  1. Kanada

Hasil produksi emas di Kanada menyentuh angka 5,09 juta troy ons. Sebuah angka yang menunjukkan peningkatan cukup signifikan setelah Rusia dan Kanada bertekad untuk meningkatkan produksi emas mereka. 

  1. Peru

Di Amerika bagian selatan, negara yang beribukota Lima menyumbangkan produksi emas dunia hingga 5,09 juta troy ons. Pegunungan Andes di Peru yang memiliki ketinggian 5.000 mdpl menyimpan mineral emas yang sangat banyak.

  1. Indonesia 

Selama ini, Indonesia dikenal sebagai negara penghasil emas terbesar karena PT Freeport yang beroperasi di Timika, Papua sejak tahun 1988. Tentu masih ada banyak daerah di Indonesia yang berhasil mengeruk mineral tersebut dari perut bumi. Total produksi emas Indonesia mencapai angka 4,42 juta troy ons. 

  1. Ghana 

Bukan Afrika Selatan yang berhasil memproduksi emas terbanyak selama tahun 2018 lalu, namun negara Ghana menjadi salah satu negara penghasil emas terbesar di benua Hitam tersebut. Pasalnya, Ghana berhasil menghasilkan emas dengan jumlah cukup tinggi sekitar 4,19 juta troy ons dari tambang di kawasan barat laut dan barat daya negara tersebut.

  1. Afrika Selatan

Total produksi emas sepanjang tahun 2018 di Afrika Selatan mencapai angka 4,17 juta troy ons. China sudah menggeser posisi Afrika Selatan sebagai negara penghasil emas terbesar di dunia sejak tahun 2007 lalu. Sebelumnya Afrika Selatan mendominasi produksi emas dunia selama 100 tahun terakhir, lho!

  1.  Meksiko 

Meksiko berhasil masuk ke dalam grup sepuluh besar negara penghasil emas terbesar dengan total produksi 3,7 juta troy ons. Tentu masih banyak negara yang mengekor deretan negara penghasil emas terbesar di atas seperti Brazil, Uzbekistan, Sudan, Papua New Guinea, dan negara-negara lain. Harga emas terus naik setiap tahun sehingga sangat cocok untuk investasi jangka panjang. Sebaiknya Anda memilih investasi logam mulia dibandingkan dengan perhiasan biasa. Logam mulia memiliki tingkat penjualan yang lebih potensial dengan tingkat perawatan yang mudah. Anda hanya perlu menyiapkan safety box untuk pembelian emas, bukan?