Macam-Macam Seni yang Harus Anda Ketahui

Macam-Macam Seni yang Harus Anda Ketahui

Seni mungkin menjadi sebuah kata yang sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Memang dalam aktivitas sehari-hari kita selalu berdampingan dengan bermacam-macam seni. Entah hanya sekedar untuk menambah keindahan atau mengambil manfaat yang penting di dalam kehidupan. Tanpa adanya seni di dunia ini maka kehidupan kita seakan hambar dan tidak berwarna. 

Macam-Macam Seni yang Perlu Diketahui

Seni sendiri merupakan induk dari segala cabang yang terdapat di dalamnya. Jika kita berbicara mengenai seni ternyata masih banyak di antara kita yang masih belum mengenali macam-macamnya. Nah, dalam artikel kali ini kami akan mengulas mengenai macam-macam seni yang harus Anda ketahui.

Seni secara umum dibagi menjadi 5 macam, yakni :

  1. Seni rupa

Macam-macam seni pertama yang harus Anda ketahui adalah seni rupa. Seni rupa merupakan salah satu cara untuk menampilkan keindahan dalam karya yang dapat dilihat, diraba, dirasa dan juga dinikmati. Seni ini diklasifikasikan dalam bentuk lukisan, gambar, patung, kerajinan tangan, grafis, multimedia dan juga kriya.

Seni rupa sendiri sudah ada sejak zaman animisme dan dinamisme. Seni ini secara performatif menampilkan wujud kasat mata dengan pertimbangan sinergis lewat media sebagai sebuah dasar dalam perwujudan rupa.

  1. Seni tari

Seni tari adalah macam-macam seni berikutnya yang identik dengan olah atau gerak tubuh untuk menampilkan sebuah keindahan. Gerakan tubuh ini menjadi sebuah media untuk mengkomunikasikan sesuatu dari penari. Keindahan tari terletak pada kepuasan, kebahagiaan, baik dari peraga, koreografer dan juga penonton atau penikmat seni.

Pada umumnya seni tari ini dikolaborasikan dengan jenis seni music. Hal ini bertujuan agar konsentrasi serta kesesuaian gerakan tari nampak sempurna baik dalam perasaan dan penyampaian pesan. Seni tari ini dibagi menjadi 2 bagian yakni tari garapan dan seni tari tradisional.

  1. Seni musik

Seni musik atau sering juga disebut dengan seni audio adalah karya seni berupa bunyi lalu diserap menggunakan indra pendengaran. Rangkaian bunyi yang dihasilkan tersebut memberikan rasa puas dan senang bagi pendengarnya. Hal ini karena adanya susunan yang serasi dari rangkaian tangga nada. Seni music dibedakan menjadi dua jenis yakni music instrumental dan music vocal.

Musik instrumental merupakan jenis musik yang didapatkan dari permainan alat-alat music. Sedangkan music vocal merupakan jenis music yang mengAndalkan suara dari manusia saja.

  1. Seni Drama

Macam-macam seni berikutnya adalah seni drama atau seni teater. Seni teater merupakan jenis seni berupa pementasan pertunjukan di atas panggung. Seni teater ini secara umum merupakan gambaran dari sebuah peristiwa duniawi yang ditampilkan dalam reka adegan maupun perilaku manusia dengan tarian, gerak, nyanyian serta dilengkapi dengan acting dan dialog para pemain.

Seni drama merupakan kesenian yang berwujud seni peran sehingga terdapat beberapa kemampuan dasar yang mesti dimiliki oleh para pemerannya diantaranya memahami karakter, menciptakan naskah serta mengekspresikan karakter yang terdapat dalam naskah tersebut. 

  1. Seni sastra

Seni sastra merupakan seni yang dimainkan dalam susunan rangkaian bahasa, entah secara lisan maupun tulisan yang dapat memunculkan rasa senang bagi mereka yang membacanya. Seni sastra sendiri dibagi menjadi dua jenis yakni puisi dan prosa. 

Dibaca juga : How to Get a Job As a Casino Card Dealer

Puisi merupakan bentuk seni yang menggunakan kualitas bahasa estetika dan menggugah. Sedangkan prosa merupakan seni sastra yang gaya penulisannya tidak terikat berbagai aturan dalam menulis seperti rima, diksi, irama dan lain-lain.

Nah itulah macam-macam seni yang harus Anda ketahui semoga dapat bermanfaat dalam menggali potensi Anda dalam bidang seni. Dengan seni yang ada dalam diri Anda maka Anda bisa mendapatkan pekerjaan sesuai bidang, bakat serta hobi Anda.