Deretan Negara yang Memiliki Industri Manufaktur Terbesar di Dunia

Deretan Negara yang Memiliki Industri Manufaktur Terbesar di Dunia

Struktur dan faktor penunjang produksi menjadi penilaian negara memiliki industri manufaktur yang patut diacungi jempol. Di dunia ini, ada negara yang memiliki kemampuan manufaktur yang baik sehingga menopang kemajuan perekonomian sebuah negara. Berdasarkan data dari World Economic Forum (WEF) pada tahun 2018 menunjukkan beberapa negara yang masuk dalam daftar negara industri manufaktur terbesar di dunia. Mana saja? Yuk, simak 5 negara paling dominan berikut!

  1. Jepang 

Jangan heran kalau Jepang mendapatkan julukan sebagai Macan Asia sebab berhasil menguasai industri manufaktur di dunia dengan skor paling tinggi. Negara industri manufaktur terbesar sebab memiliki permintaan yang sangat tinggi di pasaran.

Tingkat persaingan industri manufaktur yang semakin ketat malah membuat Jepang terus melakukan inovasi produk hasil buatan mereka. Perekonomian Jepang masih menunjukkan stabilitas yang bagus dan berlanjut. Produksi mobil, motor atau alat elektronik Jepang terbukti berkualitas sehingga pasar masih menaruh minat pada komoditas ekspor mereka.

  1. Korea Selatan 

Selain Jepang, Korea Selatan mendapatkan julukan sebagai Macan Asia dari kawasan Asia Timur dan pasifik. Tingkat daya saing yang ditunjukkan industri manufaktur terhadap perkembangan laju ekonomi negara cukup tinggi sekitar 29,7 persen, lho! Buat Anda yang suka dengan produk buatan Negeri Ginseng, sah-sah saja. 

  1. Jerman 

Produk manufaktur dengan teknologi yang tinggi merupakan hal paling menonjol dari komoditas ekspor Jerman. Negara yang masuk kawasan Eropa Timur menjadi salah satu dari lima besar negara industri manufaktur dengan skor tinggi. Institut penelitian di Jerman berperan membantu pembangunan industri yang menopang ekonomi negara sangat besar. 

  1. Swiss

Selain Jerman, negara di Eropa yang menjadi penyumbang ekspor manufaktur terbesar di dunia adalah Swiss. Produk unggulan yang tidak lepas dari Swiss adalah jam tangan atau arloji mewah. Anda harus tahu bahwa harga jam tangan produksi Swiss telah diakui berkualitas sehingga menawarkan harga yang lebih mahal. Meski dibandrol dengan harga yang relatif mahal, namun negara industri manufaktur ini mampu mengekspor jam tangan atau arloji ke seluruh negara hingga menguasai 50 persen dari total produksi jam tangan. 

Dibaca juga : Sisi Terbaik Yang Dimiliki Negara Manufaktur

Tak hanya ekspor jam tangan saja, Swiss memiliki citarasa coklat yang terkenal hingga diekspor ke negara lain. Jangan heran kalau Anda bakal menemukan coklat Swiss di Indonesia, ya!

  1. China 

China terus menunjukkan keperkasaan di dunia manufaktur dengan memiliki skor penilaian 8,2. Sama seperti Korea Selatan, peran manufaktur menyumbang perekonomian negara total 29,7 persen. Tingkat permintaan pasar terhadap produk unggulan China terus melonjak sepanjang tahun. Misalnya vendor ponsel asal Tiongkok yang menguasai pasar dunia antara lain Huawei, Xiaomi, Vivo, Oppo, dan lain-lain. 

Selain daftar negara industri manufaktur di atas, tentu masih ada banyak negara yang memiliki peran ekspor manufaktur ke seluruh dunia seperti Republik Ceko, AS, Swedia, dan lain-lain. Negara maju seperti Swedia yang memiliki karakter ekonomi yang lebih menonjol di bidang pengetahuan, jasa bisnis dan pelayanan publik tetap memiliki inovasi manufaktur yang tinggi. Terbukti Swedia memiliki manufaktur teknologi yang menyumbang perekonomian negara hampir 10 persen. 

Bagaimana dengan negara Indonesia di bidang manufaktur? Ternyata Anda patut berbangga karena Indonesia tercatat sebagai negara industri manufaktur terbesar di Asia Tenggara dengan tingkat kontribusi mencapai lebih 20 persen untuk perekonomian negara pada tahun yang sama. Hanya saja mengalami dampak cukup kuat pada akhir 2019 hingga imbas pandemi corona. Sudah siapkah Indonesia mengembalikan kejayaan industri manufaktur kembali?