Beberapa Trend Teknologi Industri terbaru yang Mengguncang Dunia

Beberapa Trend Teknologi Industri yang Mengguncang Dunia

Perkembangan teknologi terjadi secara cepat dan dinamis. Hal ini mempengaruhi kemajuan teknologi yang sangat pesat. Bahkan masyarakat pun tidak dapat menebak trend teknologi industri terbaru apa yang akan diciptakan di masa mendatang. Masyarakat tidak bisa memprediksi trend teknologi industri terbaru, sehingga harus siap ketika teknologi baru dirilis.

Adanya kemajuan teknologi yang menyebabkan trend terbaru sebenarnya tidak membuat manusia kesusahan. Sebaliknya teknologi memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaan apapun. Manusia juga tidak merasa puas jika ada trend teknologi industri baru. Mereka mengharapkan lebih banyak inovasi teknologi supaya dapat mengerjakan pekerjaan lebih mudah.

Apa Saja Trend Teknologi Terbaru Di Dunia?

Kebutuhan manusia membuat inovasi teknologi baru semakin cepat. Beberapa industri perusahaan berlomba-lomba menciptakan peralatan yang dilengkapi dengan teknologi baru. Meskipun ada masyarakat yang masih belum menerima kemajuan teknologi namun, sebagian besar masyarakat telah menggunakannya. Berikut merupakan contoh trend teknologi industri terbaru yang bisa Anda gunakan di masa depan.

  • Internet of things

Teknologi internet of things adalah sebuah alarm otomatis. Biasanya Anda dibangunkan dengan alarm smartphone yang telah disetting terlebih dahulu. Namun saat Anda lupa menghidupkan alarm, smartphone Anda tidak akan berbunyi. Akibatnya bagun kesiangan dan terlambat kerja. Internet of things merupakan solusi bagi Anda yang tidak ingin repot setting alarm smartphone, karena internet of things dilengkapi oleh teknologi otomatis yang akan menghidupkan alarm sendiri. Alarm tidak akan mati hingga memastikan Anda benar-benar telah bangun.

  • Smart home

Smart home adalah sistem pencahayaan, elektronik dan keamanan yang terhubung dalam satu perangkat yaitu smartphone. Smart home dapat diatur dari jarak yang jauh, sehingga Anda tidak melulu berada di rumah untuk mengaturnya. Teknologi smart home yang bisa Anda nikmati ada bermacam-macam. Contohnya seperti berikut ini.

  • Whirlpool smart oven, teknologi yang mempermudah ibu-ibu membuat masakan. Whirlpool smart oven diintegrasi ke aplikasi smartphone, memungkinkan Anda bisa melihat aneka resep makanan. Whirpool smart oven dilengkapi dengan cara pengoperasian, resep makanan, sekaligus menyalakan oven.
  • Philips hue, sebuah sistem pencahayaan berbasis wireless. Jadi Anda bisa mengatur cahaya lampu ruangan melalui aplikasi khusus. Nah aplikasi khususnya dapat diinstall pada smartphone.
  • Igloohone merupakan smart lock. Anda dapat mengatur akses keluar dan masuk ke rumah secara otomatis tanpa menggunakan kunci. Igloohome dilengkapi dengan akses kunci rumah dengan sistem pin, sidik jari dan bluetooth. Sistem smart lock ini tidak bisa diretas oleh pencuri, sehingga aman.
  • Blockchain

Trend teknologi industri tebaru berikutnya yaitu blockchain. Blockchain adalah teknologi mengenai database yang telah terdesentralisasi. Salah satu contoh dari Blockchain adalah IBM dan Walmart melakukan kerja sama untuk mengintegrasikan kemajuan teknologi terkini blockchain untuk menjaga keamanan produk khusus makanan. Menggunakan blockchain memungkinkan pabrik, retailer, distributor bisa mengetahui siapa, bagaimana dan siapa yang memproduksi produk. Dalam waktu 3 detik saja, informasi tersebut dapat diketahui. Perusahaan juga bisa memantau kualitas produk makanan yang dibuat, sehingga tidak ada lagi yang namanya kualitas menurun.

Contoh lain teknologi Blockchain yaitu pembayaran online pajak. Pembayaran pajak secara online memudahkan koordinasi dengan validasi pembayar pajak, Bank Indonesia, Jenderal pajak dan online pajak. Seluruh kegiatan pembayaran dilakukan secara online, sehingga tidak memakai sistem manual yang memakan waktu lama.

  • Mobile Payment

Pemerintah indonesia telah mendorong untuk menerapkan sistem pembayaran online (cotohnya seperti e money untuk membayar tol). Pembayaran tidak hanya dilakukan dengan kartu e money saja, melainkan dapat menggunakan mobile payment. Apa itu mobile payment? Mobile payment merupakan segala bentuk proses pembayaran yang dilaksanakan dengan memakai tablet atau smartphone. Contoh mobile payment yaitu Amazon Go yang ada di Negara Amerika Serikat. Amazon Go memudahkan Anda belanja di supermarket tanpa menunggu antrian di kasir, karena Anda bisa melakukan pembayaran mandiri melalui kartu pokerclub88 ataupun tunai melalui Amazon Go.

Sepertinya tidak di Amerika Serikat saja, karena baru-baru ini Indonesia telah meluncurkan mobile payment yang bisa dinikmati oleh masyarakat yaitu OVO. Aplikasi pembayaran OVO sangat memudahkan pemakainya untuk memperoleh cashback, melakukan pembayaran dengan cepat serta mendapatkan point yang dapat ditukarkan dengan aneka macam hadiah. Contoh berikutnya yaitu Go-Pay, aplikasi turunan dari Go-Jek juga mengintegrasi sistem mobile payment tetapi penggunaannya sangat terbatas. Aplikasi Go-Pay hanya dapat dilakukan untuk melakukan pembayaran di tempat tertentu saja. Misalkan untuk membayar di layanan Go-Life dan Go-Jek.

Nah itulah trend teknologi industri terbaru yang bisa Anda nikmati. Dengan melihat aneka macam trend teknologi industri terbaru di atas, pastinya membuat Anda semakin terbayangi dengan kecanggihan teknologi masa depan. Sekarang Anda telah mengetahui kecanggihan teknologi, selanjutnya Anda harus mempersiapkan diri untuk beradaptasi dengan inovasi-inovasi teknologi yang ada.