Antara Pria Dan Wanita, Dimanakah Letak Perbedaan Unik Diantara Keduanya

antara pria dan wanita, dimanakah letak perbedaan unik diantara keduanya

Berbicara mengenai pria dan wanita, sudah jelas bahwa keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan yang dalam hal ini sangat ketara ketika dilihat dari sisi fisik. Namun demikian, tidak ada yang menyangka jika ternyata baik pria dan wanita ada beberapa perbedaan yang secara ilmiah menarik untuk diteliti lebih lanjut. Terkait dengan perbedaan pria dan wanita tersebut, tentu saja menghasilkan banyak temuan yang memunculkan fakta baru atas keduanya.

Mengenal perbedaan pria dan wanita lebih mendalam

Selanjutnya, mengenai beda pria dan wanita, disebutkan ada beberapa hal yang kemudian membedakan ketika dilihat dari sisi organ tubuhnya. Berikut ini beberapa perbedaan yang mendasar hingga kemudian mempengaruhi psikologis hingga psikis.

  • Dilihat dari organ mata

Salah satu hal perbedaan pria dan wanita yang bisa dilihat ada pada mata keduanya. Dalam hal ini, seperti yang dilansir dari Why Men Do Align Leftn’t Listen and Women can’t Read Maps karangan Allan dan Barbara Pearce mengungkapkan jika ada perbedaan dalam memandang baik pada diri pria dan wanita. Dalam bukunya, disebutkan bahwa pandangan wanita akan melebar dan pandangan pria justru akan lebih tajam.

Tidak hanya itu saja, seorang pria juga dianggap lebih tajam untuk bisa melihat dalam kondisi gelap dibandingkan wanita. Atas dasar itulah kemudian muncullah perbedaan pria dan wanita atas kemudahannya dalam menemukan barang yang hilang dalam rentang waktu tertentu.

  • Dari sisi otot

Secara umum, otot manusia terdiri dari 650 otot. Akan tetapi, ketika membahas mengenai perbedaan pria dan wanita, dikatakan bahwa seorang wanita pada dasarnya hanya memiliki otot setidaknya 35 persen dari tubuhnya dan seorang pria memiliki otot 45 persen dari tubuhnya. Tidak mengherankan jika kemudian ada perbedaan yang begitu signfikan diantara keduanya yang mana membuat pria terkesan lebih berotot dibandingkan dengan wanita.

  • Kadar lemak dalam tubuh

Tidak dipungkiri lagi jika banyak wanita yang mengeluhkan obesitas. Tentu saja hal ini sesuai dengan apa yang tersebut dalam fakta perbedaan pria dan wanita dilihat dari segi kadar lemak di tubuhnya. Dengan kata lain, seorang wanita cenderung memiliki kandungan lemak di dalam tubuh sebanyak 27 persen sedangkan pada pria hanya sebesar 16 persen saja. Hal inilah yang kemudian membedakan berat badan wanita lebih besar dibandingkan pria.

  • Dari sisi tulang penyusunnya

Selain beberapa perbedaan dari sisi otot, mata dan juga lemak, siapa sangka jika perbedaan pria dan wanita juga bisa dilihat dari sisi tulang yang menyusunnya. Sekalipun perbedaan tersebut terbilang hanya terpaut 1% saja, namun hal ini cukup berpengaruh bagi keduanya. Disebutkan bahwa bagian tubuh pria terdiri dari 15% tulang dan pada wanita hanya sebesar 14% saja.

  • Dari sisi kulit yang dimiliki

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa wanita akan menyimpan lemak lebih banyak dibandingkan dengan pria. Dalam hal ini, kadar lemak pada wanita akan mudah ditemukan pada bagian pinggul, payudara dan pantat. Dengan banyaknya kandungan lemak tersebut, maka muncullah beda pria dan wanita dimana kulit wanita cenderung lebih lembut dibandingkan dengan kulit pria.

Perbedaan pria dan wanita yang dilihat dari kulitnya juga akan lebih ketara ketika mereka memasuki pasa puber. Di usia peralihan untuk menjadi remaja tersebut, seorang wanita dilaporkan memiliki kulit dan bola mata yang cenderung lebih cerah dibandingkan dengan seorang pria. Sayangnya, hal semacam ini kerap kali terabaikan dan tidak banyak orang yang mengamatinya.

  • Dari bentuk wajah

Untuk perbedaan pria dan wanita juga bisa dilihat dari bentuk wajah yang dimiliki keduanya. Bentuk wajah tersebut pada dasarnya dipengaruhi oleh adanya hormone seksual. Dikatakan bahwa semakin besar kadar hormone testosterone yang dimiliki seseorang, maka akan semakin tampak pula bentuk tulang pipi, alis dan juga garis rahangnya. Hal ini secara umum hanya dimiliki oleh sosok pria saja.

Sedangkan semakin besar kadar hormone esterogen pada seseorang, maka semakin lebar wajah orang yang bersangkutan tersebut, semakin penuh bibirnya serta semakin tinggi alisnya. Perubahan fisik yang semacam ini bisa dilihat pada wanita saja dan menjadi ciri khas yang tidak bisa terpisahkan dari seorang wanita.

  • Dari segi rambut

Perbedaan pria dan wanita juga bisa dilihat dari segi rambut yang mana menurut pakar kesehatan dr. I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK bahwa rambut pria dan wanita memiliki perbedaan yang signifikan dari sisi tekstur sekaligus juga distribusinya. Untuk seorang pria cenderung memiliki tekstus yang lebih lebat, terutama pada bagian ketiak, sehingga tidak mengherankan jika banyak pria dianugerahi rambut yang begitu tebal.

Tidak hanya itu saja, kaitannya dengan perbedaan laki dan wanita yang dilihat dari sisi rambut tersebut juga menyebabkan adanya bulu halus yang dimiliki pria jauh lebih banyak dibandingkan wanita. Hal ini bisa dilihat pada pria yang memiliki kumis, jenggot hingga bulu halus pada dada, tangan dan kaki.

Namun demikian, tumbuhnya rambut halus tidak hanya didapati pada pria, terkadang wanitapun juga memiliki hal serupa dengan persentase yang jauh lebih sedikit.

Selain beberapa faktor tersebut di atas, perbedaan pria dan wanita juga bisa dilihat dari organ paru-paru, otak hingga indera penciuman. Perbedaan yang signifikan tersebut menjadikan keduanya berbeda. Dimana untuk paru-paru wanita kapasitasnya 30% lebih kecil dibandingkan pria dan dari segi penciuman, pria memiliki lebih banyak 50% sel penciuman dibandingkan dengan wanita. Jadi, itulah beberapa perbedaan pria dan wanita yang menjadikan keduanya sangat berbeda.