7 Daerah di Indonesia yang Memiliki Perekonomian Bagus dan Maju

7 Daerah di Indonesia yang Memiliki Perekonomian Bagus dan Maju

Keadaan ekonomi suatu daerah menentukan apakah kota tersebut maju atau tidak. Menurut kenyataan, jika daerah memiliki perekonomian yang bagus maka masyarakatnya dapat hidup dengan makmur. Daerah yang memiliki perekonomian bagus di Indonesia jumlahnya cukup banyak. Penasaran bukan, daerah mana saja yang termasuk maju. Anda bisa melihat selengkapnya disini, siapa tahu kota Anda juga termasuk.

Ini Dia Daerah yang Memiliki Perekonomian Bagus

Kira-kira daerah mana yang perekonomiannya bagus. Apakah Anda mengetahuinya? Berikut merupakan daerah yang memiliki perekonomian bagus.

  1. Surabaya

Daerah pertama yaitu kota Surabaya atau biasa dikenal sebagai sebutan Kota Pahlawan. Sebutan Kota Pahlawan karena disana pernah terjadi pertumpahan darah mempertahankan kemerdekaan Indonesia, tepatnya di tanggal 10 November 1945. Saat ini perekonomian Surabaya semakin kuat, dikarenakan Surabaya menjadi pusat bisnis, pendidikan, industri, pariwisata dan perdagangan di Jawa Timur. Didukung dengan adanya Bandara Internasional Juandan serta pelabuhan Ujung dan Tanjung Perak.

Lokasi surabaya strategis, letaknya berada di tengah-tengah Indonesia sehingga Surabaya menjadi pusat perdagangan terbesar di Asia Tenggara. Oleh sebab itu, perekonomian Surabaya semakin maju. Dengan perekonomian yang maju, pembangunan di kota Surabaya sangat pesat. Banyak bangunan industri yang terus berkembang seperti industri perabotan rumah tangga, alat berat, elektronik, kerajinan, galangan kapal, dewapoker dan masih banyak lagi.

  1. Medan

Daerah yang memiliki perekonomian bagus berikutnya yaitu Medan. Medan merupakan Ibukota Sulawesi Utara. Medan menjadi kota paling besar di Pulau Jawa. Perlu diketahui bahwa perekonomian kota Medan sangat bagus, karena disana pusat perdagangan wilayah Indonesia bagian Barat.

Medan mempunyai banyak bangunan tua yang umurnya hingga 100 tahun, bahkan bisa lebih dari itu. Arsitektur bangunan tua khas Belanda, adanya bangunan tua  menjadikan Medan sebagai kawasan wisata. Para wisawatan tertarik berkunjung ke Medan untuk melihat keindahan bangunan tua. Selain tempat wisata, perekonomian kota Medan juga didukung oleh adanya pelabuhan Belawan (pelabuhan tersibuk yang berada di luar Pulau Jawa). Kota Medan juga memiliki Bandara International Kuala Namu.

  1. Balikpapan

Balikpapan adalah salah satu kota yang berada di Kalimantan. Balikpapan dinobatkan sebagai kota yang sangat dicintai di dunia. Kota lainnya yang kalah dari Medan yakni Paris, Vancouver, dan Seol. Perekonomian kota Balikpapan sudah tidak diragukan. Perekonomian terbesarnya dari tambang minya, pertambangan, hutan, laut serta kekayaan alam lainnya. Terdapat Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman yang menjadi Bandara udara terbaik. Tidak hanya itu, Balikpapan juga mempunyai pelabuan ferry dan pelabuhan semayang.

  1. Malang

Daerah yang memiliki perekonomian bagus selanjutnya adalah Malang. Kota Malang ada dikawasan dataran tinggi, sehingga udara disana begitu sejuk. Malang disebut juga dengan kota pelajar karena banyak memiliki lembaga pendidikan politeknik dan universitas negeri ataupun swasta yang terkenal di Indonesia.

Perekonomian kota Malang ditunjang adanya beberapa sektor pariwisata, industri, perdagangan dan jasa. Paling mencolok yakni bidang pariwisata. Malang menawarkan aneka macam tempat pariwisata yang pengunjungnya tidak pernah sepi. Wisatawan yang datang dari dalam maupun luar negeri. Pariwisata kota malang medukung perekonomian kota menjadi lebih baik dan menjadikan kota Malang semakin maju.

  1. Mamiki

Mamika terletak di Papua. Kabupaten Mamika terkenal akan sumber daya alam yang melimpah ruah. Kekayaan alam Mamika berhasil mengundang perusahaan besar untuk mengolah sumber daya alam. Salah satu perusahaan terbesar adalah Freeport. Dengan adanya perusahaan tambang, membuat mamika memiliki perekonomian yang bagus. Bahkan berdasarkan hasil survey menunjukkan pendapatan domestik bruto dalam setahun bisa mencapai Rp. 295.000.000.

  1. Siak

Siak merupakan salah satu kabupaten yang berada di Riau. Kabupaten Siak mendapat gelar daerah terkaya karena perekonomiannya maju. Hal ini didukung dengan perkembangan perdangan, pertambangan dan jasa yang pesat.

Lokasi Siak juga sangat strategi, berada di tepi Selat Malaka sehingga berdekatan dengan Malaysia dan Singapura. Akibatnya aktivitas perdagangan, tidak hanya dilakukan pada kabupaten Siak saja melainkan dapat ke negara tetangga. Pendapatan domestik bruto di kabupaten Siak mencapai Rp. 156.000.000 per tahun.

  1. Bontang

Bontang terletak di Kalimantan Timur. Daerah yang memiliki perekonomian bagus ini ternyata hanya mempunyai 3 kecamatan. Penduduknya berjumlah 165 jiwa dan daerahnya diberkati dengan sumber daya alam yang sangat luar biasa.

Sumber daya alam dimanfaatkan oleh Bontang untuk menarik investor asing. Tujuan dilakukan hal tersebut untuk meningkatkan perekonomian daerah. Beberapa perusahaan besar yang berada di Bontang antara lain perusahaan Indominco Mandiri (tambang batu bara), Badak NGL (tambang gas alam) serta masih banyak lagi.

  1. Aceh

Aceh adalah daerah di Aceh Utara yang memiliki potensi sumber daya alam terbesar. Baik sumber daya alam pertanian, perkebunan, dan hasil hutan. Beberapa sumber daya alam yang dihasilkan oleh daerah Aceh yaitu minyak kelapa sawit, minyak atsiri, karet, serta kertas. Melihat begitu banyaknya sumber daya alam daerah Aceh, pastinya perekonomiannya semakin maju. Belum lagi ada perusahaan industri besar yang turut menyongkong perekonomian Aceh. Industri yang berada disana yaitu Exxon mobil, CALTEX, Lafarge Semen Andalas, PT AAF, PT PIM, dan PT Arun. Tidak salah jika Aceh dijuluki sebagai daerah yang memiliki perekonomian bagus.

Nah itulah daerah yang memiliki perekonomian bagus di Indonesia. Beberapa daerah yang disebutkan letaknya ditempat terpencil namun, jangan salah sangka. Meskipun terletak didaerah terpencil, perekonomiannya diakui sangat bagus dibandingkan dengan daerah-daerah terkenal lainnya.