12 Hal Terbesar di Dunia

12 Hal Terbesar di Dunia

Kemajuan teknologi memudahkan manusia membuat hal-hal terbesar, termasuk memudahkan para peneliti untuk menemukan hal-hal terbesar. Berikut ini sedikit ulasan mengenai 12 hal terbesar di dunia.

Bangunan terbesar di dunia: Pabrik Boeing

Ukuran: 472 juta kaki kubik
Setara: Semua Disneyland di dunia dapat ditampung di dalamnya.
Fakta: Lantai ruang pabrik memiliki luas 4,2 juta kaki persegi dengan volume ruangan 472 juta kaki kubik. Bangunan ini memberi banyak ruang untuk memfasilitasi manufaktur utama Boeing di Everett, Washington. Terdapat fasilitas lainnya mencakup museum, teater, 19 restoran, dan toko. Fasilitas yang dibangun tahun 1966 ini memiliki terowongan pejalan kaki sekitar 2.33 mil di bawah lantai pabrik, bersama dengan rel kereta yang memfasilitasi mobilitas karyawan.

Pesawat terbesar di dunia: Stratolaunch

Ukuran: 500.000 pound
Setara: Pesawat ini lebih lebar dari panjangnya lapangan sepak bola.
Fakta: Perusahaan peluncur roket Stratolaunch membangun pesawat seberat 500.000 pound yang dapat terbang di ketinggian 35.000 kaki. Yang berbeda dari desain pesawat ganda ini yaitu memiliki lebar 385 kaki untuk membawa roket yang akan diluncurkan ke luar angkasa. Uji terbang pesawat ini sukses pada musim semi tahun 2019 lalu.

Struktur bangunan kuno terbesar di dunia: Piramida Besar Khufu

Ukuran: 481 kaki
Setara: Hampir setinggi Monumen Washington.
Fakta: Dinyatakan sebagai yang terbesar dan tertinggi di zaman kuno, Kerajaan Mesir Kuno membangun bangunan bersejarah ini dan masih tegak berdiri hingga kini. Kemudian kuburan batu bata lumpur mulai tren sejak Piramida Besar Khufu dibangun sekitar 2.500 SM. Piramida ini dibangun menggunakan jutaan balok batu, masing-masing berbobot sekitar 2,5 ton. Setiap batu diprediksi dipotong secara manual. Pada saat pembangunannya, diperkirakan telah melibatkan ribuan pekerja yang mengangkut material menuju lokasi pembangunannya.

Gunung Berapi terbesar di dunia: Tamu Massif

Ukuran: 600.000 mil kubik
Setara: Kira-kira seukuran dengan Teluk Meksiko
Fakta: Gunung Tamu Massif tidak mengesankan dalam hal ketinggiannya karena hanya 2,5 mil. Namun volumenya yang mencapai sekitar 600.000 mil kubik menjadikannya sebagai gunung berapi ini sebagai yang terbesar di dunia. Gunung berapi perisai itu tidak sepenuhnya ditemukan hingga 2013, ketika para peneliti menyadari bahwa Gunung Tamu Massif adalah satu massa tunggal.

Mesin terbesar di dunia: Wartsila RT-flex96C

Ukuran: 2.300 ton
Setara: Beratnya 20 paus biru.
Fakta: Dengan panjang 90 kaki dan tinggi 44 kaki, mesin Wartsila RT-flex96C memiliki bobot 2.300 ton.  Ada lusinan mesin Wartsila RT-flex96C yang tersebar di dunia. Mesin terbesar ini, memberikan daya pada kapal-kapal besar, salah satunya kapal Emma Maersk yang membawa 11.000 kontainer untuk pengiriman dari Cina ke AS. Mesin ini memiliki 14 silinder dengan hampir 109.000 tenaga kuda dan torsi 7 juta Newton meter. Mesin Wartsila RT-flex96C cukup untuk memberikan pasokan daya pada kota kecil.

Buatan Manusia, Terbesar di Luar Angkasa: Stasiun Luar Angkasa Internasional

Ukuran: 450 ton
Setara: Lebih berat dari lebih dari 5 space shuttle.
Fakta: Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) lebih besar daripada lapangan sepak bola. Dengan bobot 450 ton, ISS dengan mudah mengalahkan Mir Rusia dan Skylab. ISS untuk saat ini menyandang gelar stasiun ruang angkasa terbesar yang pernah dibangun. Tapi itu tidak diluncurkan sekaligus, ISS dibangun sebagai modul bertekanan yang disatukan, diselesaikan sepenuhnya pada tahun 2011.

Layanan Terbaik

Kereta terbesar di dunia: The Ghan

Ukuran: 3.600 kaki
Setara: Panjang The Ghan sama dengan Dermaga Angkatan Laut Chicago.
Fakta: Dengan total 44 gerbong dan dua lokomotif, The Ghan di Australia membentang sepanjang 3.600 kaki saat membawa penumpang dari Adelaide ke Darwin. Kereta ini berjalan 1.850 mil sepanjang rutenya.

Pohon terbesar di dunia: Jenderal Sherman

Ukuran: 52.500 kaki kubik
Setara: Dibutuhkan 150 truk pengaduk beton untuk mengisi volume Jenderal Sherman.
Fakta: Meskipun tidak setinggi pohon Hyperion yang tingginya mencapai 379 kaki, Jenderal Sherman hanya memiliki tinggi 275 kaki tetapi volume kayu keseluuhan Jenderal Sherman menempatkannya sebagai pohon terbesar di dunia. Jenderal Sherman merupakan salah satu penghuni Hutan Raksasa Taman Nasional Sequoia di California. Taman Nasional tersebut merupakan rumah bagi banyak pohon-pohon mengesankan di dunia.

Crane terbesar di dunia: Big Carl

Ukuran: 820 kaki
Setara: Derek ini dapat mengangkat bobot seberat 500 gajah dalam sekali mengangkat.
Fakta: Big Carl atau yang biasa disebut pula SGC-250, dapat berdiri hingga 820 kaki atau setara 250 meter dan karena itulah dinamai SGC-250. Big Carl dapat  membawa beban lebih dari 3.000 ton dalam sekali angkat. Dibutuhkan 250 truk untuk mengangkut Big Carl dari lokasi pabriknya di Belgia ke lokasi kerjanya di Somerset, Inggris. Big Carl bekerja untuk mengangkat 600 komponen pembangkit listrik tenaga nuklir Hinkley Point C yang baru.

Senapan Nerf terbesar di dunia: Mark Rober’s Gun

Ukuran: Panjang sekitar 6 kaki

Setara: Sekitar 3 panjang bahu pria dewasa.
Fakta: Mark Rober dari Sunnyvale, California adalah orang membuat senapan Nerf ini pada bulan Juni 2016. Senapan milik Mark Rober ini mendapatkan memperoleh pengakuan Guinness World Records sebagai yang terbesar untuk saat ini.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya terbesar di dunia: Noor Abu Dhabi

Ukuran: 1,18 gigawatt

Setara: Daya yang dihasilkan cukup untuk mengambil 200.000 mobil dari jalanan.

Fakta Besar: Perusahaan Air dan Listrik Emirates mengumumkan pembangkit listrik panel surya Noor Abu Dhabi yang memiliki luas 8 kilometer persegi dengan 3,2 juta panel surya dan menempatkannya sebagai proyek tenaga surya tunggal terbesar di dunia. Noor dalam bahasa Arab artinya adalah cahaya. Sebab itulah, Noor akan digunakan dalam proyek tenaga surya baru di Abu Dhabi dan akan memasok listrik serta mencerahkan rumah-rumah penduduk di Abu Dhabi.

Proyek ini sebagai bagian dari inisiatif negara tersebut menuju energi yang aman, lebih baik dan ramah lingkungam. Pembangkit listrik tenaga surya Noor Abu Dhabi akan menghasilkan sekitar 1,2 gigawatt listrik dan dapat memenuhi permintaan listrik 90.000 orang.

Dinosaurus terbesar di dunia: Argentinosaurus

Ukuran: 77 ton (perkiraan rendah)

Setara: Beratnya sekitar berat yang dimiliki oleh pesawat ulang-alik, atau sama dengan berat 11 dinosaurus T-Rex.

Fakta: Para peneliti baru sebatas memprediksi tentang hal ini, tetapi tentunya dengan kerangka kerja mereka yang memiliki dasar kuat dan tenaga peneliti yang terdidik. Argentinosaurus merupakan dinosaurus herbivora berleher panjang dan berekor panjang. Kemungkinan dinosaurus ini memiliki bobot antara 77 ton hingga 110 ton. Nama Argentinosaurus yang disematkan karena di Argentina para peneliti menemukan jejak kehidupan dinosaurus terbesar ini, yang pernah hidup di masa lalu.