10 Peristiwa Sains Paling Mencengangkan di Dunia

10 Peristiwa Sains Paling Mencengangkan di Dunia

Sains merupakan bidang ilmu yang bisa berubah seiring perkembangan atau penemuan ilmiah terbaru. Beberapa fakta yang ditemukan beberapa waktu terakhir berhasil mengagetkan para ilmuwan di seluruh dunia. Apa saja? Simak 10 peristiwa sains paling mencengangkan dunia yang terangkum lengkap berikut ini.

  • Penemuan sisa burung purba utuh

Sisa kehidupan masa lalu memang menarik untuk dikuak termasuk hewan-hewan prasejarah. Setelah penemuan ekor dinosaurus yang menggemparkan pada tahun 2016, penemuan burung utuh yang diperkirakan hidup pada periode kapur. Hanya saja fosil yang ditemukan di Myanmar ini tidak bisa diketahui DNAnya.

  • Penemuan seni perhiasan purba di Sulawesi Selatan

Peristiwa yang masih berkaitan dengan kehidupan masa lalu berhasil dikuak tim arkeolog Indonesia dan Australia di Leang Bulu Bettue, Maros, Sulawesi Selatan. Tim berhasil menemukan seni perhiasan tua yang diyakini berumur sekitar 30 ribu tahun. Penggalian dan penelitian masih dilakukan dengan harapan banyak jejak kehidupan masa lalu dikawasan tersebut yang berhasil diungkap.

  • Rekayasa gen manusia

Penyuntingan gen manusia mungkin hanya sering Anda lihat di film-film Hollywood. Namun, tahukah Anda bahwa CRISPR berhasil membuat sebuah peristiwa sains paling mencengangkan dunia yaitu mengubah gen di tubuh manusia untuk memberikan manfaat antara lain peningkatan kecerdasan, menghilangkan risiko penyakit keturunan dan melawan penuaan.

Penemuan ini masih banyak menemui pro dan kontra data sgp karena dianggap melanggar etika, tetapi berhasil digunakan pada embrio manusia tahun 2017. Rekayasa genetika merupakan peristiwa sains paling mencengangkan dunia sebab masih menjadi perdebatan moral dan medis sampai sekarang.

  • Deteksi tabrakan dua bintang Neutron

Peristiwa sains paling mencengangkan dunia tahun 2017 adalah era baru astronomi. Ya, deteksi tabrakan dua bintang Neutron melalui alat penangkap gelombang gravitasi dianggap hal paling menghebohkan dan pertama dalam sejarah. Neutron merupakan bintang berpijar yang memiliki massa paling padat di alam semesta.

  • Penemuan 7 planet baru mirip bumi

Banyak misteri alam semesta yang belum terkuak termasuk kehidupan di luar bumi. Para ilmuwan berhasil menemukan peristiwa sains paling mencengangkan dunia yaitu penemuan planet baru mirip bumi. Ada penemuan tujuh planet baru di dalam sistem TRAPPIST-1  yang berpotensi memiliki peluang kehidupan seperti bumi meskipun suhu di planet-planet tersebut lebih dingin dari bumi. Salah satu planet yang menyita perhatian adalah Ross 128b yang memiliki jarak 11 juta tahun cahaya bumi.

  • Daur ulang roket SpaceX

Biaya melakukan penelitian ke luar angkasa memang tergolong mahal sebab roket hanya bisa digunakan sekali saja. Terobosan baru di dunia teknologi dan sains adalah daur ulang roket SpaceX yang bisa digunakan dua kali. Dengan penemuan terkini ini, perjalanan menuju ke antariksa bisa menjadi lebih murah atau hemat. Keren, bukan?

  • Penemuan rahim buatan

Para peneliti yang berada di Children’s Hospital of Philadelphia berhasil mengembangkan penemuan baru dalam bentuk rahim buatan. Peristiwa sains paling mencengangkan dunia ini berhasil menciptakan biobag yang berisi cairan mirip ketuban untuk membesarkan fetus domba berusia 4 minggu.

Biobag ini memang tidak bisa dimanfaatkan sebagai pengganti rahim, tetapi bisa memberikan manfaat untuk bayi yang lahir secara prematur. Setidaknya kesempatan hidup para bayi prematur bisa lebih besar berkat temuan ilmuwan asal Amerika Serikat ini. Penelitian masih terus dikembangkan sebelum penemuan ini dicoba pada bayi prematur manusia.

  • Meteor hantu di atas Laut Bering

Sebuah peristiwa sains paling mencengangkan dunia terjadi pada akhir tahun 2018 yaitu kemunculan meteor hantu. NASA berhasil mengetahui adanya meteor yang jatuh ke Laut Bering meskipun tidak ada satu teleskop yang berhasil mendeteksi kedatangannya. Diperkirakan meteor berdiameter 10 meter dengan estimasi berat capai 1.500 ton. Tidak terjadi dampak mengerikan sebab kawasan tidak berpenghuni.

  • Jasad di Gunung Everest

Semua orang tahu bahwa gunung paling tinggi dengan puncak bersalju ini memiliki pesona memikat. Namun, butuh nyali besar kalau ingin menaklukkan gunung yang memiliki medan sulit ini. Risiko kematian telah menghantui para pendaki sejak awal pendakian Gunung Everest. Pemanasan global yang semakin parah membuat banyak jasad yang tertimbun salju mulai bergelimpangan. Hanya saja jasad-jasad ini masih dibiarkan mengingat biaya evakuasi yang mencapai angka milyaran.

  • Fosil Galaksi Bimasakti

Alam semesta menyimpan misteri yang unik dan menarik untuk dipelajari. Sebuah penelitian yang berhasil dipublikasikan pada Jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society April 2019 berhasil menganalisis  bintang kuno dan memiliki cahaya redup yaitu HP1. Dalam pengamatan teleskop Gemini South dan teleskop Hubble, usia bintang-bintang diperkirakan mencapai 21,8 miliar tahun.

10 peristiwa sains paling mencengangkan dunia di atas bisa menjadi tambahan wawasan untuk Anda. Penemuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi diharapkan bisa berkembang pesat dan bermanfaat dalam kehidupan manusia pada masa depan.